VISI SDI HAGARAHU
“Beriman, Kreatif, Berprestasi, Berkarakter, dan Berbudaya Guna Terwujudnya Sekolah Berkarakter Profil Pelajar Pancasila”.
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:
1.Pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.
2.Kreatif yang diharapkan meliputi; Mempunyai inisiatif; Mempunyai minat luas; Mandiri dalam berpikir; Berani tampil beda; Penuh energi dan percaya diri; Bersedia mengambil risiko; Berani dalam pendirian dan keyakinan dan Selalu ingin tahu.
3.Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
4.Berkarakter yaitu menanamkan nilai-nilai karakter mulia sehingga secara langsung mendukung keberhasilan proses pendidikan karakter dan pembelajaran, sehingga menghasilkan produktivitas mutu lulusan yang berkarakter mulia sesuai dengan tuntutan tujuan pendidikan nasional.
5.Berbudaya, mewujudkan suasana sekolah yang menjunjung tinggi nilai budaya lokal dan nasional serta menghormati keanekaragaman dalam keragaman (Multikultural)
6.Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi kehidupan. Kemampuan seluruh warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan.
MISI SDI HAGARAHU
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Inpres
Hagarahu menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
- Membentuk peserta didik yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa dan Berakhlak Mulia
- Mengembangkan karakter peserta didik
yang berkebhinekaan global.
- Membentuk karakter peserta didik
bergotong royong.
- Membentuk karakter peserta didik yang
mampu mandiri.
- Mengembangkan karakter peserta didik
yang bernalar kritis berlandaskan etika dan budaya bangsa Indonesia
- Membentuk peserta didik yang kreatif
berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi digitalisasi.
- Mengembangkan life skill peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun
ekstrakurikuler
- Membudayakan literasi melalui
intrakurikuler dan projek profil pelajar
- Mengembangkan karakter peserta didik
melalui pembelajaran yang berbasis kearifan lingkungan dan pengembangan kultur sekolah
- Menciptakan lingkungan bersih, hijau,
sejuk, rindang, aman, nyaman dan berwawasan
- Mengembangkan bakat dan potensi diri peserta didik menjadi manusia yang tangguh menghadapi persaingan global revolusi industry
Tidak ada komentar:
Posting Komentar